Resep Infused Water Sehat Dan Mudah

Resep Infused Water Sehat Dan Mudah

Posted on

Resep Infused Water Sehat Dan Mudah - Sekarang ini telah dikembangkan cara-cara konsumsi sehat dengan bahan alami yang aman dan mudah dibuat. Salah satunya adalah infused water. Dalam artikel ini, kami akan berbagi beberapa resep infused water yang sehat dan mudah. Sebelumnya, mungkin ada diantara pembaca yang belum familiar dengan infused water.

Infused water adalah minuman yang terdiri dari campuran air putih atau air mineral dengan potongan buah-buahan, sayuran atau rempah-rempah. Fungsinya untuk menambah nutrisi dalam tubuh seperti vitamin dan mineral, meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh, untuk detoksifikasi, membuat tubuh lebih fresh dan mencagah dehidrasi.

Infused water ini cocok bagi anda yang tidak terlalu suka minum air putih karena rasanya yang hambar. Daripada minum air dengan campuran gula untuk memberi rasa, lebih baik campurkan buah-buahan segar dengan cita rasa asam dan manis. Cara ini dapat menurunkan resiko diabetes pada setiap orang yang rutin mengkonsumsi infused water. Infused water ini juga tidak membosankan lho. Kamu dapat mengkombinasikan beberapa jenis buah yang berbeda-beda setiap harinya. Tampilan dari warna-warni buah ini sangat menarik, membuat orang yang melihat terpacu untuk meminumnya.

Resep Infused Water Sehat Dan Mudah

1. Resep klasik

Resep ini menggunakan buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, atau jeruk nipis. Kamu juga dapat mengkombinasikan jenis-jenis jeruk ini. Tapi kalau kamu tidak suka rasa yang terlalu asam, lebih baik kamu memberi komposisi jeruk sunkis atau jeruk lokal dengan takaran yang lebih banyak.

Cara membuatnya:

  • potong-potong jeruk sunkis atau jeruk lokal berbentuk bulat sekitar 4 potong, potong jeruk lemon atau jeruk nipis (pilih salah satu yang kamu suka karena rasanya sama-sama asam) menjadi 2 potong.
  • Lalu campurkan pada 600 ml air. Rendam hingga beberapa menit. Semakin lama kamu merendam, maka rasanya akan semakin asam dari daging dan pahit dari kulit jeruk.

Kalau kamu tidak suka pahit, kamu dapat membuang kulit jeruknya dulu sebelum direndam. Resep infused water sytrus ini mengandung banyak vitamin C yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Berbagai macam buah berry dipadukan daun mint

  • Kombinasikan beberapa buah berry seperti strawberry, rasberry, blackberry atau blueberry.
  • Belah 2 buah strawberry menjadi 2 bagian. Masukan dalam 600 ml air.
  • Masukan juga beberapa rasberry dan blackberry atau blueberry. Dapat dibelah jadi 2 atau dimasukan utuh ke dalam air.
  • Campurkan juga beberapa helai daun mint untuk cita rasa segar.

Resep infused water ini rasanya asam segar. Kandungan dalam buah berry yang kaya akan anti oksidan dapat mencegah tubuh kita terpapar radikal bebas.

3. Campuran apel dan kayu manis

  • Potong ¼ bagian apel menjadi beberapa potongan kecil.
  • Masukan dalam 600 ml air dan beri 1 batang kayu manis.
  • Rendam beberapa saat untuk mendapatkan sari dari apel dan kayu manis. Agar daging buah apel tidak mudah teroksidasi dan berubah warna, anda dapat mengolesinya dulu dengan air jeruk atau lemon. Atau anda dapat langsung menambahkannya pada campuran air. Rasanya nanti memang akan ada sedikit asam tapi justru menambah kesegaran pada racikan ini.

Resep infused water ini lebih nikmat dinikmati dengan air hangat saat musim dingin atau musim hujan. Apel memberikan asupan anti oksidan yang tinggi untuk tubuh dan kayu manis memiliki segudang manfaat untuk memerangi penyakit.

4. Campuran timun dan daun mint

Timun juga dapat dijadikan campuran sehat dalam resep infused water. Pada dasarnya timun memiliki kandungan air yang tinggi.

  • Potong ½ atau ¼ bagian timun menjadi beberapa potongan bulat yang tidak terlalu tebal.
  • Campurkan dalam 600 ml air dan 2 lembar daun mint. Rendam beberapa saat dan infused water ini dapat dinikmati.
  • Selain diminum, campuran timun ini dapat digunakan untuk membasuh muka juga.

Sudah terbayang bagaimana segarnya menenggak infused water mentimun dengan daun mint yang dicampur dengan es batu di bawah panasnya sinar matahari. Mentimun ini selain mengandung mineral tinggi juga baik untuk kulit.

5. Jahe dengan teh hijau

Infused water tidak hanya terbatas pada penggunaan buah dan sayur. Rempah-rempah seperti jahe juga dapat digunakan untuk resep infused water yang sehat dan mudah.

  • Seduh 2 kantung teh hijau dengan 2 gelas air panas dan 1 sendok makan bubuk jahe. Biarkan hingga warna air berubah lebih pekat.
  • Setelah itu masukan 800 ml air dan potongan 2 buah jahe. Simpan semalaman dalam kulkas lalu dapat diminum pada pagi hari.

Resep ini dapat membantu untuk membakar lemak dan mengempeskan perut buncit.

Jahe dapat meningkatkan kekebelan tubuh, sedangkan teh hijau mengandung anti oksidan yang tinggi. Campuran ini dapat diminum pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur untuk membantu proses diet sehat.

6. Anggur, jeruk manis dan daun mint

Buah anggur ungu juga dapat digunakan untuk resep infused water yang sehat.

  • Caranya, siapkan 600 ml air matang atau air mineral.
  • Belah beberapa buah anggur menjadi 2 bagian dan potong bulat jeruk manis, gunakan 3 atau 4 potong saja.
  • Campurkan air dengan potongan buah anggur dan jeruk.
  • Lalu tambahkan 2 lembar daun mint untuk sensasi rasa dingin yang menyegarkan.
  • Anggur dan jeruk kaya akan anti oksidan dan vitamin c.

Resep ini cocok untuk pribadi yang aktif di luar ruangan dan sering terpapar radikal bebas. Tambahkan es batu atau simpan dalam lemari es beberapa saat untuk mendapatkan sensasi yang lebih segar.

7. Nanas dan daun mint

Nanas sering kali digunakan untuk masker alami karena bagus untuk kulit. Nanas ini juga bagus untuk kesehatan karena mengandung vitamin C.

  • Buatlah infused water dari beberapa potongan nanas yang dicampur dengan 600 ml air dan 2 lembar daun mint.
  • Pilih nanas madu atau nanas biasa yang sudah matang untuk rasa manis.
  • Bisa juga menggunakan nanas yang mengkal atau setengah matang untuk rasa yang sedikit masam namun teksturnya tidak lembek dan tidak mudah hancur.
  • Tambahkan es batu dan minuman ini sangat cocok diminum saat musim panas. Nanas dapat membantu membakar lemak dan mendukung proses diet sehat.

Infused water dapat anda buat dalam porsi yang besar. Sehingga lebih praktis karena tidak perlu membuatnya dulu setiap kali ingin minum infused water. Gunakan wadah yang lebih besar dan campurkan berbagai macam buah seperti jeruk, strawberry, rasberry, anggur, nanas, mangga muda, belimbing, daun mint dan teh hijau. Kamu juga dapat menambahkan rosemary atau bunga rosella untuk sensasi yang lebih nikmat dan lebih sehat. Resep infused water ini ditujukan untuk meningkatkan kesehatan manusia yang semakin rentan terhadap penyakit.

Demikian resep dari kami semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *