Nutrisi Bagi Mereka Yang Selalu Aktif
Nutrisi Bagi Mereka Yang Selalu Aktif

Nutrisi Bagi Mereka Yang Selalu Aktif

Posted on

Kesibukan kadangkala membuat seseorang lupa akan kondisi fisiknya. Tuntutan pekerjaan dan sekolah kerap menjadi alasan utama yang membuat pola hidup, terutama pola makan seseorang menjadi tak teratur, sementara tubuh membutuhkan asupan makanan yang baik bagi perkembangannya. Karena itulah kondisi fisik seseorang tidak boleh dilupakan. Selain berolahraga, makanan dengan kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh pun harus diperhatikan, karena umumnya mereka yang sibuk hanya mencari makanan yang mengenyangkan tanpa menghiraukan nutrisi untuk tubuh yang ada di dalamnya.

Berikut adalah beberapa jenis nutrisi yang harus dikonsumsi oleh mereka yang aktif:

1. Karbohidrat.

Bahan makanan ini sebenarnya juga penting bagi semua makhluk hidup. Komponen makanan yang di dalamnya terdiri dari oksigen, hidrogen, dan atom karbon ini menjadi sangat penting karena merupakan sumber energi yang dapat memacu otak dan otot-otot tubuh, serta memasok energi ke berbagai fungsi tubuh. Anda bisa menemukan komponen ini pada makanan seperti nasi, kentang, atau roti.

2. Lemak.

Meski kerap dihindari oleh mereka yang melakukan diet, namun komponen yang satu ini sangat penting sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh. Dari lemak tubuh juga mendapat asam lemak esensial yang memberi manfaat bagi kulit dan bagian tubuh yang lain. Selain itu lemak juga berfungsi untuk melarutkan vitamin A, D, E, K yang baik untuk mata dan peredaran darah.

3. Protein.

Di dalam tubuh, protein berfungsi sebagai sumber asam amino yang digunakan tubuh untuk membangun dan mengganti sel-sel yang rusak. Selain itu komponen yang dapat dijumpai pada kacang-kacangan, keju atau daging ini juga berfungsi sebagai pelindung tubuh.

4. Kalsium.

Sumber komponen yang satu ini bisa ditemui pada susu dan keju dengan fungsi untuk memperkuat tulang dan gigi manusia.

5. Sodium.

Untuk menjaga keseimbangan zat cair dalam tubuh dan agar air dapat diserap tubuh dengan baik, maka zat yang ada pada garam ini jangan pernah ditinggalkan.

6. Potasium

Yang terakhir adalah potasium atau kalium yang ditemukan pertama kali oleh Sir Humphrey Davy tahun 1807. Di dalam tubuh kalium bersama sodium berfungsi meningkatkan pertumbuhan sel dan otot, serta mengatur ekuilibrium air dan detak jantung. Anda bisa menemukan zat ini pada pisang atau jeruk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *