Cara Mengobati Wasir Secara Alami dengan Makanan

Cara Mengobati Wasir Secara Alami dengan Makanan

Posted on

Cara Mengobati Wasir - Salah satu penyebab wasir adalah sulit buang air besar. Oleh karena itu, cara mencegah wasir atau ambeien adalah dengan cara menjaga agar tinja tetap lunak, yaitu dengan mengonsumsi makanan berserat.

Cara Mengobati Wasir Secara Alami dengan Makanan
Cara Mengobati Wasir Secara Alami dengan Makanan

Wasir adalah penyakit di mana pembuluh darah yang terdapat pada anus mengalami peradangan dan pembengkakan. Tanda-tanda wasir yang biasanya dirasakan adalah adanya rasa nyeri pada bagian dubur (sesudah buang air besar), gatal pada dubur, dan bahkan pendarahan. Umumnya para medis memberikan pengobatan untuk mengatasi nyeri pada bagian anus. Tetapi, rasa nyeri akibat wasir bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan-makanan berikut ini seperti dikutip dari Okezone.

Cara Mengobati Wasir Secara Alami dengan Makanan

1. Delima
Delima termasuk buah yang menurut para peneliti bisa menyembuhka wasir. Untuk mengobati wasir dengan delima, potong buah delima kemudian rebus ke dalam air panas. Hal ini bermaksud untuk menghilangkan kuman-kuman yang ada pada buah delima.

2. Pisang
Buah pisang bisa mengurangi sembelit (gangguan berupa susah buang air besar) pada ujung dubur. Untuk memperlancar buang air besar, makan buah pisang dua kali dalam sehari pada pagi dan sore hari. Menurut sejumlah peneliti, mengonsumsi pisang dan susu bisa membantu memperlancar buang air besar.

3. Kacang-kacangan
Makanan berikutnya yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi penyakit wasir adalah kacang-kacangan. Hal ini karena kandungan zat yang ada dalam kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang lainnya bisa bermanfaat untuk mengobati wasir secara alami.

4. Bawang merah mentah
Bagi yang tidak suka mengonsumsi bawang merah yang masih mentah, mungkin cara ini sulit diterapkan. Namun, mengonsumsi bawang merah mentah bisa menghentikan pendarahan dan mengurangi nyeri pada bagian dubur. Untuk mengobati wasir dengan bawang merah, konsumsi bawang merah mentah tiga kali sehari.

Itulah cara mengobati wasir secara alami dengan makanan. Jadi, penyakit wasir bisa diobati dengan cara mengonsumsi makanan tertentu. Sebagai tindakan pencegahan, makan makanan berserat agar BAB lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *