Berjalan Kaki Besar Manfaatnya Bagi Kesehatan
Berjalan Kaki Besar Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berjalan Kaki Besar Manfaatnya Bagi Kesehatan

Posted on

Salah satu kunci untuk hidup sehat dan panjang umur adalah menerapkan gaya hidup aktif. Di zaman sekarang ini, jadwal harian yang padat membuat sebagian besar orang hanya mampu menyisakan sedikit waktu untuk melatih kebugaran fisik. Akibatnya, obesitas telah menjadi epidemi di berbagai belahan dunia. Demikian pula dengan penyakit jantung dan diabetes, dua penyakit yang terkait dengan gaya hidup minim aktivitas fisik. Konsekuensi dari mengabaikan aktivitas melatih kebugaran fisik ini pun dapat dirasakan baik dalam meningkatnya biaya medis untuk perawatan maupun tingkat kematian akibat memburuknya kondisi kesehatan.

Berjalan Kaki Besar Manfaatnya Bagi Kesehatan
Berjalan Kaki Besar Manfaatnya Bagi Kesehatan

Namun, pada saat ini, kita patut pula menghargai semakin banyaknya orang yang menyadari resiko kesehatan akibat gaya hidup tersebut sehingga mereka mulai bergabung di pusat kebugaran atau ldub kesehatan. Namun, keinginan untuk menjadi anggota di gym sering terhalang oleh masalah finansial maupun jebakan rutinitas berlatih yang cukup membosankan bagi beberapa orang. Data statistik menunjukkan bahwa hanya sedikit orang yang menjaga kebugaran fisik di gym secara rutin untuk jangka waktu lama.

Lalu pertanyaannya adalah, adakah olahraga yang efektif untuk menjaga kebugaran sekaligus terjangkau untuk dimasukkan dalam jadwal harian Anda yang begitu padat? Ada. Berbagai studi menyatakan bahwa kegiatan berjalan kaki secara teratur untuk menjaga kebugaran memiliki dampak signifikan pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bagaimana berjalan kaki selama 30 menit dapat meningkatkan kesehatan?

Studi menunjukkan bahwa berjalan kaki dengan cepat dan konstan merupakan kegiatan terbaik untuk menjaga kebugaran dan mencegah penyakit. Penelitian yang melibatkan orang-orang berusia 64 tahun atau lebih menemukan bahwa berjalan kaki selama satu jam setiap hari benar-benar dapat membuat usia biologis seseorang menjadi lebih muda hingga 12 tahun. Studi ini juga menemukan bahwa berjalan kaki selama 30 menit atau lebih merupakan hal yang baik daripada berjalan kaki selama 10 menit beberapa kali sehari. Bahkan, berjalan kaki secara rutin setiap hari dapat membakar kalori hingga mencapai penurunan berat badan sekitar 2,3 kg per tahun.

Selain itu, berjalan kaki dapat disesuaikan dengan tujuan latihan fisik Anda. Bagi mcrcka yang ingin membakar kalori yang lebih cepat, misalnya, jalan cepat telah terbukti merupakan hal yang sangat efektif. Jalan cepat yang cukup (kurang lebih 5-6 km/ jam) mampu membakar kalori sebanyak seperti kita melakukan joging dan tanpa memberikan tekanan pada sendi. Jalan cepat juga meningkatkan kesehatan jantung dengan memperkuat otot jantung.

Baca Juga :
Manisnya Cokelat Ternyata Menyehatkan Jantung Anda
Nutrisi Bagi Mereka Yang Selalu Aktif

Mengapa memilih berjalan kaki?

Berjalan kaki untuk menjaga kebugaran merupakan olahraga yang terjangkau. Tidak perlu iuran keanggotaan atau peralatan, dan aktivitas ini pun bisa sangat menghibur. Kebosanan dapat diminimalisasi dengan memvariasikan medan berjalan kaki sebagai aktivitas rekreasi dan dengan mengajak orang lain untuk bergabung. Teman, keluarga, dan hewan peliharaan bisa menjadi partner Anda. Berjalan-jalan saat istirahat makan siang di tempat kerja adalah cara yang baik untuk melakukan kegiatan ini sembari melepas penat dari pekerjaan kantor yang menumpuk. Jika cuaca di luar terlalu panas atau terlalu dingin, carilah koridor panjang atau mal terdekat untuk berjalan kaki.

Anda membuat variasi latihan setiap hari. Variasi itu harus mencakup durasi serta kecepatan.

  • Pastikan bahwa Anda senantiasa terhindar dari kondisi dchidrasi ketika berjalan kaki. Disarankan minum air berelektrolit atau minuman olahraga rendah kalori untuk berjalan kaki selama 30 menit atau lebih. Karbohidrat dan elektrolit yang disediakan akan membantu tubuh menyerap cairan lebih cepat, schingga membantu mempertahankan tingkat ketahanan tubuh.
  • Menjelang akhir aktivitas ini, penting untuk melakukan pendi-nginan dan penenangan diri. Ini akan membantu mengurangi stres atau tekanan pada jantung dan otot. Hal ini mudah di-lakukan, yaitu dengan memperlambat jalan kaki Anda selama kurang lebih 5 menit. Pada titik ini, Anda dapat menyelesaikan latihan dengan mengulang beberapa gerakan peregangan yang digunakan selama tahap pemanasan.

Mengikuti pola latihan jalan kaki yang cerdas dan aman akan me-mastikan bahwa Anda menikmati manfaat kesehatan dari berjalan kaki tanpa cedera.

Pustaka: Rahasia Diet 2 Oleh Denny Santoso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *